Selasa, 19 Januari 2016

Kisah Sukses di balik ber Konmari #Part 1

Bismillahirahmanirrahim...
Konmari??? Apaan sih konmari, semacam kue atau nama bunda? Itu yang pertama kali saya pikirkan pertama kali denger konmari.. Ternyata Oh ternyata itu sebuah metode management rumah yang sukses berat di Jepang dan Amerika. Awalnya sih agak underestimate karena pastinya butuh waktu lama dalam penerapannya, tapi entah kenapa untuk yang satu ini kayanya patut dicoba dech...
Awalnya dari ngeliat tumpukan baju-baju yang selalu ga rapi sehabis dijemur, hasilnya menumpuuk di beberapa tempat pakaian. Singkat cerita, membutuhkan untuk coba metode konmari ini kenapa masih part 1? Karena ini baru dilakukan untuk BAB BAJU dulu, soalnya masih banyak PR nya.. Hehe jadi baru awal nih cerita nya. Dalam metode konmari ada tahapan yang mesti dilewati:
1. Kita tumpukan semua, "SEMUA"  yaaa...!!! Pakaian dari mulai baju orang tua n anak-anak dalam satu tempat. Kebayang ga penuh nya nih tempat. Tapi ini tahapan penting yaaa buat di lewat supaya kita bisa liat sebanyak n sekaya apa kita punya baju... Heheh
2. Mulai di raba dan dicermati pakaian-pakaian dengan mengklasifikasikannya sesuai dengan susunan yang kita inginkan, misal baju sehari-hari dengan baju pesta.
3. Cara mengerti di tahap ke dua adalah dengan merasakan sensari 'sparkjoy'  istilahnya. Kurang lebih nya saya terjemahkan percikan perasaan nyaman dan masih ingin 'memiliki' entah karena moment atau memang sukaaaa banget dengan baju itu.
4. Siap kan tempat untuk baju yang memang mau di berikan atau di donasikan.
5. Terakhir, Harus bisa 'move on' yaaa relakan barang-barang yang mungkin sudah 1 tahun atau lebih tersimpan di lemari tapi tidak dipakai-Pakai. Ungkapnya rasa 'terima kasih' pada baju-baju yang akan di donasikan dengan berpikir 'barang ini akan lebih bermanfaat untuk digunakan orang lain, daripada hanya tersimpan rapi di lemari'.
Tips n Trick: Karena baju di lemari yang so pasti buanyaaaaak, kegiatan ini insyaAlloh akan memakan waktu lebih dari satu hari, makannya lakukan di Weekday, dengan persiapan masak untuk berapa hari sehingga tidak meninggalkan kewajiban kita, yang paling pertama NIAT harus kuat karena kegiatan ini perlu istiqomah untuk bisa melihat hasil akhir sesuai yang diharapkan, lalu berdo'a supaya setiap yang kita lakukan ini bernilai ibadah... Amiin. Saya juga melakukan Konmari BAB BAJU kurang lebih 3 hari, jadi tetap semangat, siapkan mental daaaaan think positive. Oh iya saya melibatkan anak-anak untuk memilah baju-baju mereka, dan ternyata anak-anak lebih cepat move on loh dengan baju kesukaan mereka. Ini juga melatih kepekaan dan life skil mereka untuk senang berbagi dengan yang lain.. Keep on spirit.. Pasti bisa! (FRA 190116)
#ODOPfor99days
#day 12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar