Sabtu, 28 Mei 2016

Mendidik dengan kekuatan Fitrah berbasis hati nurani, lakukan, lakukan, lakukan, dan lakukan NHW3_FRA

NICE HOME WORK #3

MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FITRAH BERBASIS HATI NURANI

Bismillahirahmanirrahim, setelah berkutat dengan 'merasakan' apa yang akan dan harus dilakukan, lahirlah sebuah kurikulum yang terangkum dalam tugas matrikulasi NHW3, yang saya rasa masih banyak kekurangan disana sini dan tidak menutup kemungkinan akan mengalami revisi sesuai kebutuhan pribadi di masa mendatang, namun bismillah semoga ini bisa menjadi langkah awal menuju lebih baik.. Amiiin

I.  Membuat Kurikulum Belajar yang “Gue Banget”

Bunda, masih semangat belajar?

Kali ini kita akan masuk tahap #3 dari proses belajar kita. Setelah semalam bunda berdiskusi seru seputar mendidik anak dengan kekuatan fitrah berbasis hati nurani, maka sekarang kita akan mulai mempraktekkan ilmu tersebut satu persatu.

a. Belajar konsisten untuk mengisi checklist harian, yang sudah anda buat di Nice Homework #1. Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.



b.Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #2, kemudian tetapkan pada diri bunda, Misi Hidup apa yang kita emban di muka bumi ini, bidang apa yang ingin anda kuasai.
Contoh : Misi Hidup : memberikan inspirasi kepada banyak orang
                Bidang : Pendidikan Ibu dan Anak
                Peran : Inspirator


Misi Hidup pribadi saya: Mamberikan manfaat sebesar-besarnya untuk orang sekitar
Bidang : Menulis, Public speaking dalam keseharian
Peran : Inspirator

c. Setelah itu susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.
Contoh :  Untuk bisa menjadi ahli di bidang Pendidikan Ibu dan Anak maka tahapan ilmu yang harus saya kuasai adalah sbb:
1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang

Materi yang harus saya kuasai dan diperdalam :
1. Pentingnya public speaking : Teori dasar mengenai urgensi public speaking dalam kehidupan keseharian
2. How to be a great writer and speaker: ilmu tentang menulis dan menyampaikannya dengan baik
3. Bagaimana menghadapi audience : Teknik berbicara ketika berhadapan dengan berbagai audience dengan berbagai latar belakang.
4. Menjadi penulis handal: Menuliskan hanya apa yang pernah dilakukan sehingga hasil tulisannya berisi.
5. Bahasa : Penggunaan bahasa yang sesuai dengan porsinya


d. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup
contoh : Saya dulu menetapkan KM 0 saya pada usia 21 th, kemudian berkomitmen tinggi akan mencapai  10.000 (sepuluh ribu ) jam terbang saya di satu bidang tersebut, agar lebih mantap menjalankan misi hidup. Sejak saat itu setiap hari saya dedikasikan 8 jam waktu saya untuk mencari ilmu, mempraktekkan, menuliskannya bersama dengan anak-anak.  Sehingga dalam jangka waktu kurang lebih 4 tahun, sudah akan terlihat hasilnya.
Milestone yang saya buat saat itu :
KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha
Karena saya masih pemula dan sangat minim pengetahuan untuk ilmu ini, saya tetapkan KM 0 dari usia saya sekarang 30 tahun, maka penjabaran menggali dan menjadi profesional Bismillahirahmanirrahim saya tetapkan:

1. KM 0-1(tahun ke 1)Pentingnya public speaking : Teori dasar mengenai urgensi public speaking dalam kehidupan keseharian
2. KM 1-2 (Tahun ke 2) How to be a great writer and speaker: ilmu tentang menulis dan menyampaikannya dengan baik
3. KM 2-3 (Tahun ke 3)Bagaimana menghadapi audience : Teknik berbicara ketika berhadapan dengan berbagai audience dengan berbagai latar belakang.
4. KM 3-4 (Tahun ke 4) Menjadi penulis handal: Menuliskan hanya apa yang pernah dilakukan sehingga hasil tulisannya berisi.
5. KM 4-5 (Tahun ke 5) Bahasa : Penggunaan bahasa yang sesuai dengan kaidah dan porsi nya.


e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#1, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.



f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

InsyaAlloh inilah awal sejarah hidup saya.. Bismillahirahmanirrahim

#NHW 3
# Martikulasi IIP Batch #1
#ODOPFOR99DAYS
#day 75

Tidak ada komentar:

Posting Komentar