Kamis, 22 Maret 2018

Fiena Rifanty Arifin#25#RBI2#2

๐Ÿ“—๐Ÿ’“ *Tugas Materi 2*

Setelah mengidentifikasi 7 Bakat Dominan Diri dari 34 Tema Bakat dan 6 Peran Dominan dari ST30, maka *tantangan berikutnya* ialah:

๐Ÿ”–Buatlah "ruang" untuk 7 Bakat Dominan Diri dari 34Tema Bakat dalam kehidupan sehari-hari,  berkeluarga, ataupun berkomunitas
Contoh:
-Command
Memberi ruang dengan mengambil kesempatan untuk menjadi leader dari suatu proyek
-Analytical
Memberi ruang pada diri untuk menjadi bagian dari tim riset, baik di keluarga maupun di komunitas

๐Ÿ”–Buatlah "ruang" untuk 6 Peran Dominan dari ST30 dalam kehidupan sehari-hari,  berkeluarga,  ataupun berkomunitas.
Contoh:
-Administrator
Maka ruang yang diberikan pada diri dengan mengambil peran sebagai sekretaris di komunitas
-Communicator
Maka ruang yang diberikan pada diri dengan cara mengambil peran sebagai MC, moderator pada event2 keluarga ataupun komunitas




                 ุจِุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู…ِ

ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุง


Setelah melakukan analisis bakat dan bakat peran dalam tugas ke satu,  saatnya memberikan ruang bagi diri sendiri untuk merealisasikan bakat-bakat tersebut untuk berkembang optimal.

Berdasarkan hasil analisis pandu 45, ke 7 bakat teratas diri saya pribadi :
 Communications,  connectedness, includer, Belief, Arranger, Adaptability, emphaty.

Hal ini dilihat dari pengalaman keseharian dan mandat tugas yang biasa nya diberikan kepada saya.

# Communications : Dalam satu hari saya biasa melakukan banyak komunikasi baik secara langsung maupun virtual  (Media sosial), dalam hal rapat bersama keluarga atau teman saya biasanya banyak mengomunikasikan maksud satu anggota satu pada yang lainnya.

# Connectedness : Walaupun terkadang menyita cukup banyak waktu, saya berselancar di dunia maya dengan "menolong" teman untuk terhubung dengan orang atau pihak yang sedang di perlukan bantuannya. Minimal memberikan informasi yang saya punya terhadap pihak-pihak terkait.

#includer : Alhamdulillah tadi siang hari ini  (22 Maret 2018) saya beraktivitas yang menunjukkan bakat includer ini dengan berkumpul bersama teman -teman komunitas untuk menyelenggarakan kegiatan menjelang Ramadhan.




# Belief : pekan saya percayakan kepada anak sulung saya untuk bisa bertanggung jawab untuk merapikan kamarnya sendiri, walaupun sebenarnya keinginan saya untuk terjun langsung saya tahan. Karena ingin memberikan ruang sebesar kepercayaan saya pada anak-anak,  untuk merapikan kamarnya sendiri.

# Arranger : Hari ini (22 Maret 2018) saya bersama-sama teman komunitas menginisiasi untuk membuat kegiatan menjelang dan saat bulan Ramadhan tiba.

# Adaptability : Sebenarnya saya belum lama kenal dan banyak berinteraksi dengan teman -teman di komunitas baru ini, tapi Alhamdulillah saya bisa berbincang dan bahkan bisa langsung berbaur dalam merencanakan kegiatan.

# Emphaty : Hari ini juga, Alhamdulillah saya bisa menyerahkan bantuan pada saudara-saudari yang terkena musibah banjir bandang kemarin di daerah Cicabe -Cicaheum, melalui teman yang berdomisili di tempat tersebut.

Berdasarkan hasil ST 30 yang saya lakukan di temubakat.com, terlihat bahwa ada 6 bakat peran saya yang terlihat yaitu :

Communicator, Educator,  Ambasador, Motivator,  Arranger

Kesempatan yang saya ambil untuk mengoptimalkannya :

# Communicator: Alhamdulillah tanggal 17 Maret 2018 kemarin saya berkesempatan untuk menimba ilmu langsung pada masternya dan terlibat menjadi MC Sekaligus moderator, dalam acara seminar parenting " kunci keluarga sukses,  orang tua sukses anak sukses" bertempat di Bandung.
 


# Educator: Setiap pekan saya meluangkan waktu 2 Hari yaitu senin dan rabu untuk mengajar les anak-anak tetangga, terkait pelajaran di sekolahnya.


# Ambassador : Alhamdulillah 20-22 April 2018 nanti saya bersama teman-teman leader lainnya mewakili wilayah Bandung untuk hadir di acara meet leader  (Leader Camp) yang dihadiri oleh leader Ibu Profesional se-Indonรฉsia dan Asia. InsyaAllah

# Motivator: Saat ini saya diamanahi menjadi fasilitator kelas bunda sayang batch#2 Bandung 3, dan hampir setiap harinya harus mengingatkan dan memotivasi para peserta untuk terus semangat mengerjakan tantangan dan lulus bersama. 

# Arranger : Alhamdulillah saat ini saya tergabung di dua komunitas yang sama- sama akan menyelenggarakan kegiatan dimana saya terlibat dalam kepanitiaan keduanya.

Alhamdulillah semoga lebih banyak lagi ruang untuk saya bisa mengembangkan potensi bakat dan bakat peran saya di rumah dan di ranah publik. Amiin.


#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateriDua
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar